History
of plimsoll mark
Merkah
kambangan menurut catatan sejarah bermula dari abad pertengahan, negara
Italia telah mempunyai undang-undang untuk pemuatan diatas kapal, dimana
setelah dilakukan pemeriksaan dan perhitungan, maka lambung kapal diberi tanda.
Asal
mula dari lingkaran sebagai tanda merkah kambangan yang dipergunakan sampai
sekarang ini ialah dari Sardinia, dimana sarat maksimum dari kapal pada waktu
itu ditandai dengan sebuah titik yang merupakan sebuah pusat dari lingkaran .
Sedangkan orang – orang Venesia menandainya dengan gambar Salib, dan orang
Genoa dengan tiga baris yang membujur terbuat dari besi.
Merkah
Kambangan atau merkah benaman adalah sebuah tanda untuk membatasi
Pada
tahun 1867 seorang anggota Parlemen Inggris bernama Sir Samuel Plimsoll
mempunyai gagasan agar semua kapal yang berbendera Inggris untuk memasang
merkah kambangan.
Penjelasannya
akhirnya diundangkan pada tahun 1890 untuk penyeragaman. Untuk mengabadikan
pencetusnya maka Merkah Kambangan juga disebut Plimsoll Mark. Merkah
kambangan ini kemudian diikuti oleh negara-negara maritim lainnya. Merkah
kambangan juga disebut Garis Muatan atau Load Line.
Garis
Dek :
Sebelum
kita memasang Plimsoll Mark (Merkah Kambangan) maka harus ditentukan lebih
dahulu letak dari garis-deknya (deck-line) pada lambung kapal. Garis-dek ini
merupakan garis datar di mana sisi atasnya berimpit dengan sisi atas dari
geladak lambung bebas (freeboard-deck), dan letaknya di tengah kapal dengan
ukuran panjang 300 mm dan lebarnya 25 mm. Deck-line harus dicat kontras
dengan warna lambungnya. Di cat hitam jika lambungnya putih atau warna
terang. Di cat putih atau kuning, jika warna cat lambungnya gelap.Lingkaran
garis air atau Plimsoll mark dilukis di bawah garis dek. Jarak antara bagian
atas deck-line, dari dua jenis dek = 540 mm di depan dari pusat lingkaran
dilukiskan Load-line, yang menandai batasan sarat bagi kapal jika berada di
laut atau zona tertentu.
Perubahan
sarat kapal oleh perubahan berat jenis (B.J) air disebut juga Fresh Water
Allowance, yang harus diketahui.
Jadi
Fresh Water Allowance adalah angka dalam milimeter perubahan sarat rata-rata
jika kapal berlayar dari laut menuju ke air tawar, atau sebaliknya, jika
sedang dalam keadaan loaded draft. Hal ini dapat dihitung dengan rumus:
FWA
(dalam mm) = Displacement (dalam ton) 4 x TPC
Pembuktian
rumus tersebut adalah sbb:
Pada
gambar atas kapal terapung pada Summer Draft di air laut pada WL. Maka V
adalah volume air laut yang dipindahkan. Sekarang jika pindah ke air tawar,
maka WL, merupakan garis air kapal yang memindahkan massa air tawar. Jadi di
sini “v” merupakan penambahan volume air tawar yang dipindahkan adalah : V +
v
Sekarang
jika ‘w’ merupakan massa air laut, dalam volume ‘v’, dan ‘W’ adalah massa air
laut pada volume ‘V’
S -
“Summer Load line”, adalah garis batas tenggelam kapal pada waktu berada di
laut daerah musim panas permanen atau daerah musim panas pada waktu musim
panas (seasonal zone). Tingginya sama dengan titik tengah lingkaran.
W -
“Winter Load line” Garis batas tenggelam pada waktu berada di daerah musim
dingin pada saat musim dingin (Winter).Jaraknya = (1/48) x Summer Draft
dibawah garis S.
T -
“Tropical Load Line” Garis batas tenggelam pada waktu kapal berada di daerah
tropis atau selama musim panas (tropic).Letaknya = (1/48) x Summer Draft
untuk tiap meter atas garis S.
F -
“Summer Fresh Water” Garis batas tenggelam selama kapal berada di air tawar
selama musim panas permanen.Jaraknya di atas : S adalah berdasarkan rumus :
W/4TPC mm, dimana W adalah displacement pada Summer Draft dan TPC (ton
per-centimeter-immersion) dalam cm.
WNA -
“Winter North Atlantic Load Line” Garis batas tenggelam selama kapal didaerah
musim dingin Winter North Atlantic.Letaknya : berada 50 mm di bawah W. Tanda
ini hanya dapat digunakan bagi kapal yang panjangnya 100 m atau kurang.
TF -
“Tropical Fresh Water Load line” Garis batas tenggelam kapal diair tawar
musim Tropis , di mana kapal dapat dimuati agar draft atau saratnya dra
Penggunaan
WNA
a)
Kapal Penumpang berlayar :
- Di
daerah North Atlantic
- Pada
musim Winter
-
Panjang ≤ 100 meter
b)
Kapal Tanker berlayar :
- Di
daerah North Atlantic
- Pada
musim Winter
-
Setiap 100 meter → 25 mm
A.
KAPAL KAYU YANG MEMUAT KAYU BILA :
1.
Berlayar melintasi daerah North Atlantic
2. Pada
musim dingin (Winter)
3.
Tidak perduli berapa panjangnya, harus menggunakan LWNA Draft, dimana :
A. Bagi
kapal yang panjangnya < 330‘ letak LWNA draft seletak (sejajar) dengan WNA
draft-nya kapal cargo.
B. Bagi
kapal yang panjangnya > 330’ letak LWNA draft seletak (sejajar) dengan W
draft-nya kapal cargo.
WNA =
Lumber Winter North Atlantic
B.
KAPAL CARGO DAN PENUMPANG YANG :
1.
Melintasi daerah North Atlantic
2. Pada
musim dingin (Winter
330’ harus menggunakan WNA draft (yang
konstruksinya = fix 2 inches dibawah W draft )£A. Bila
panjang kapal tersebut L
B. Bila
panjang kapal tersebut L > 330’ cukup memakai W draft-nya saja.
C.
KAPAL TANKER YANG :
1.
Melintasi daerah North Atlanti
2. Pada
musim dingin ( Winter )
Tidak
perduli dengan panjangnya, harus menggunakan WNA Draft, dimana konstruksinya
(jarak) dari W draft-nya setiap 100 feet panjang kapal maka koreksinya 1 inch
(dengan interpolasi).
Contoh
: Panjang kapal 250”
Maka koreksinya,
Corr. =
250” X 1 “100’= 2,5”
Dapat
dilihat :
S =
Summer Load Line adalah batas tenggelam kapal pada waktu berada di laut
daerah musim panas permanen.
>
Tingginya sama dengan titik tengah lingkaran
W =
Winter Load Line adalah batas tenggelam kapal pada waktu berada di daerah
musim Dingin (Winter)
>
Jaraknya = (1/48) x Summer Draft di bawah garis S
T =
Tropical Load Line adalah batas tenggelam kapal pada waktu berada di daerah
Tropis
>
Jaraknya = (1/48) x Summer Draft di atas garis S
F =
Summer Fresh Water Load Line adalah batas tenggelam kapal pada waktu berada
di air tawar selama musim panas tetap > Jaraknya di atas S adalah :cm atau
mm
WNA =
Winter North Atlantic Load Line adalah batas tenggelam kapal di daerah Musim
dingin Winter North Atlantic
>
Tanda ini hanya digunakan bagi kapal yang panjangnya ≤ 100 m
>
Letaknya garis ini 50 mm di bawah garis W
TF =
Tropical Fresh Water Load Line adalah batas tenggelam kapal di air tawar
musim Tropis
|
Comments
Post a Comment