Skip to main content

SOAL JAWAB HUKUM MARITIM ANT III part II



HUKUM MARITIM

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
   a. Surat laut adalah bukti tertulis bahwa sebuah kapal berhak mengibarkan bendera     
       Indonesia.
b. Sijil awak kapal adalah daftar yang berisikan nama-nama awak kapal yang dibuat   
    dihadapan pegawai pendaftaran awak kapal.
c. Laut territorial adalah suatu batas yang tidak melibihi 12 mil laut diukur dari garis   
    pangkal yang ditentukan sesuai dengan konvensi ini.

2. a. Sebutkan persyaratan jabatan nakhoda sesuai ISM code:
     1. Memenuhi syarat menjadi pimpinan diatas kapal.
     2. Sepenuhnya memahami sms perusahaan.
     3. Mendapat dukungan sepenuhnya sebagai nakhoda dapat dilaksanakan dengan
         baik.

     b. Sebutkan tugas pokok dari portstate control:
        1. Meminta agar pembenahan dari ketidak sempurnaan sebelum kapal berlayar                
            dapat di penuhi dan postat officer dapat kembali memeriksa sebelum kapal
            berlayar untuk melihat apakh rekomendasinya dapat di jalankan.
        2. Memperbolehkan kapal berlayar dengan syarat kbahwa kekurangan/ ketidak   
            sempurnaan akan di betulkan pada pelabuhan berikut.
        3. Meminta agar ketidak sempurnaan akan di betulkan dalam waktu 14 hari dan
             dalam ISM code non conformity dalam waktu 3 bulan.PSC officer dapat   
              melaporkan bahwa kekurangan dapat di tangguhkan dan bila akan di hapus maka
              kapal akan di periksa di pelabuhan berikut.

3.a. Terangkan keuntungan dari kerja laut kolektif.?
      Yaitu pada jangka waktu yang luas serta adanya kepastian tertentu di perusahaan-    perusahaan.(tidak terbatas).

4.    Sebutkan tanggung jawab perusahaan pelayaran sebagaimana dimaksud pada peraturan 1/14 STCW 95?
       Yaitu perusahaan bertanggung jawab sebagai pengangkut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Comments

Popular posts from this blog

PENJELASAN PLIMSOLL MARK (ILMU PELAYARAN)

History of plimsoll mark M erkah kambangan menurut catatan sejarah bermula dari abad pertengahan, negara Italia telah mempunyai undang-undang untuk pemuatan diatas kapal, dimana setelah dilakukan pemeriksaan dan perhitungan, maka lambung kapal diberi tanda.  Asal mula dari lingkaran sebagai tanda merkah kambangan yang dipergunakan sampai sekarang ini ialah dari Sardinia, dimana sarat maksimum dari kapal pada waktu itu ditandai dengan sebuah titik yang merupakan sebuah pusat dari lingkaran . Sedangkan orang – orang Venesia menandainya dengan gambar Salib, dan orang Genoa dengan tiga baris yang membujur terbuat dari besi. Merkah Kambangan atau merkah benaman adalah sebuah tanda untuk membatasi  jumlah berat yang boleh diangkut oleh sebuah kapal dengan aman. Pada tahun 1867 seorang anggota Parlemen Inggris bernama Sir Samuel Plimsoll mempunyai gagasan agar semua kapal yang berbendera Inggris untuk memasang merkah kambangan.  ...

SOAL UKP KOMPAS DAN KEMUD ANT II

1.   Tuliskan urutan pemasangan kelima alat penimbal / korektor dalam proses penimbalan kompas ( order of placing correctors 2.   Selama pelayaran, deviasi harus selalu diperiksa kembali. Apa alasannya ?. Pengaruh gaya magnetisme mana yang bekerja disini ( penjelasan secukupnya dengan gambar ) 3.   a.   Jelaskan perbedaan antara Retentive Error ( R.E) dan Gaussin Error ( G.E) b.     Jelaskan Persamaan antara GE dan RE (20)     4.     Dalam pembuatan daftar deviasi oleh azimut / baringan sejati Q , dipilih saat-saat dekat Q terbit / terbenam. Apa alasannya ( jelaskan secukupnya dengan gambar) (20)     5.     Dari sudut pandang teori bagaimana letak batang-batang magnet penimbal terhadap letak kompas dikapal? Berapa jauhnya ( paling efektif) dari / letak kampas? ( penjelasan dengan gamba...

KOMPAS DAN KEMUDI

KOMPAS dan KEMUDI 1.a.Tuliskan ketiga intesitas magnetisme bumi & jelaskan hubungannya satu sama lain dlm bentuk perumusan yg terkait ( penjelasan dg gambar ). -           Intensitas total (T) = kekuatan medan magnet isme bumi pd satuan kutub. -           Intensitas total (T) diuraikan dalam horizontal (H) dan intensitas vertical (V). Hubungan antara ketiga pokok ini dan inklinasi dinyatakan oleh rumus2 berukut : H = T.cos i    ;       tg i = V/H   ;    T = H.sec i V = T. sin i    ;   cotg i = H/V   ;    T = V. cosec i Gambar :      b.Tuliskan ketiga unsur magnetisme bumi & dimana kita dpt mencari nilainya masing2 itu ? 1.         Variasi   : sudut yg dibentuk oleh derajah megnetisme dan derajah astronomi. ...