Skip to main content

SOAL UKP KOMPAS DAN KEMUD ANT II


1.  Tuliskan urutan pemasangan kelima alat penimbal / korektor dalam proses penimbalan kompas ( order of placing correctors

2.  Selama pelayaran, deviasi harus selalu diperiksa kembali. Apa alasannya ?. Pengaruh gaya magnetisme mana yang bekerja disini ( penjelasan secukupnya dengan gambar )

3.  a.  Jelaskan perbedaan antara Retentive Error ( R.E) dan Gaussin Error ( G.E)
b.    Jelaskan Persamaan antara GE dan RE
(20)
 
 
4.    Dalam pembuatan daftar deviasi oleh azimut / baringan sejati Q, dipilih saat-saat dekat Q terbit / terbenam. Apa alasannya ( jelaskan secukupnya dengan gambar)
(20)
 
 
5.    Dari sudut pandang teori bagaimana letak batang-batang magnet penimbal terhadap letak kompas dikapal? Berapa jauhnya ( paling efektif) dari / letak kampas? ( penjelasan dengan gambar)

6.   
(15)
 
a.  Apakah yang menyebabkan timbulnya salah kompas ( deviasi) diatas kapal ?



(15)
 


(15)
 


(15)
 
 
b.    Kapan nilai deviasi itu dapat mengalami perubahan yang cukup besar / signifikan  ( 5 jawaban)


















1.    Haluan pembangunan (kapal) manakah yang terbaik bagi kapal. Apa alasannya. Jelaskan secukupnya !

2.    a.  Bagaimana dan kapan kapal itu memperoleh medan magnetik yang remanen ( retained magnetion)
b.    Bagaimana dan kapan kapal itu memperoleh medan magnetik yang permanen ( permanent magnet)
c.    Bagaimana sifat deviasi oleh masing-masing itu ?

(20)
 
3.  a.  Gaya-gaya magnetik manakah yang akan timbul, jika kapal bersenget / miring ? apa sebab utamanya.
b.    Bagaimana sifat deviasi pada kondisi demikian? Gambarkan kurva deviasinya sebagai hasil dari pengamatan deviasi pada keempat haluan surat induk.
(15)
 
 
4.  a.  Jenis magnetisme (kapal) manakah yang tidak dapat ditimbal ? apa alasannya.
b.   
(15)
 
(15)
 
Magnetisme kapal manakah yang memberikan deviasi yang semi sirkular dan yang mana yang kuadrantal. Apakah arti ungkapan-ungkapan tersebut?

5.   
(20)
 
Pada waktu berlayar menyeberang samudera ( haluan T/B) setelah mengadakan perubahan haluan kearah U/S apakah pada haluan baru itu, nilai deviasinya dapat dipercaya ? apa alasannya ( penjelasan dengan gambar secukupnya)
(15)
 
 
6.    Tuliskan semua alat penimbal / korektor, dimulai dari jenis yang terpenting, dan untuk mengoreksi gaya magnetik yang mana.














1. 
(15)
 
Sebutkan ketiga jenis magnetisme kapal, sehubungan dengan adanya tiga jenis besi di kapal. Bagaimana sifat masing-masing magntisme ini.

2. 
(15)
 
Sebutkan ketiga gaya magnetisme kapal yan transien ( yang terpenting) yang dapat menimbulkan deviasi. Bagaimana letak / duduknya batang besi lunak ini ( yang bernilai negatif) terhadap letak kompas? ( penjelasan dengan gambar secukupnya)
(15)
 
 
3.  a.  Sebutkan ketiga metoda guna menentukan nilai deviasi dikapal, oleh observasi benda bumiawi.
b.    Metode mana  yang hasil deviasinya tidak tergantung dari nilai variasi ( penjelasan dengan gambar / contoh observasi)
(15)
 
 
4.  a.  Sebutkan perubahan yang dapat dialami oleh nilai variasi dibumi ( 4 jawaban)
b.    Jenis perubahan mana yang terpenting bagi para navigator? Apa alasannya.

(20)
 
5.  a.  Seusai penimbalan kompas, kegiatan apa akhirnya yang kita kerjakan.
b.    Kesalahan apakah yang dapat timbul disini ?. Bagaimana kita dapat mencegah timbulknya kesalahan demikian

(20)
 
6.  a.  Apakah tujuan akhir dari penimbalan kompas magnet dikapal.
     b.  Sebutkan prinsip / dasar dari penimbalan kompas magnet!


     















ANT-II
KOMPAS DAN SISTEM KEMUDI
WAKTU :  90 MENIT

15
 
1.  a.  Jelaskan tentang gangguan yang bersifat “sekular” (jangka panjang) terhadap variasi.
b.    Hal ini dikenal pula dengan ungkapan mana!
c.    Apakah penyebab dari gejala ini?

20
 
2.  a.  Bagaimana sifat deviasi  yang ditimbulkan oleh gaya ( - e ) dari magnetisme kapal yang transien?
b.    Jelaskan dengan gambar untuk haluan ( 8 mata angin ),beserta bentuk kurva deviasi yang terkait.
15
 
 
3.    Bagaimana kita dapat menentukan nilai Koefisien defiasi jika telah diketahui ke 8 nilai deviasi untuk satu putaran kapal (swinging ship). Tuliskan semua perumusan yang terkait.
15
 
 
4.    a.  Apakah arti menimbal kompas pada umumnya ? ( Definisi)

b.    Apakah tujuan akhir penimbalan  kompas ini ? ( 3 jawaban )
20
 
 
5.  a.  Sebutkan kelima metoda untuk menentukan nilai deviasi di kapal.
b.    Metode manakah yang deviasinya  tidak tergantung dari nilai variasi. Buktikan dengan gambar / contoh )
15
 
 
6.  a.  Sebutkan berbagai kesalahan pada kompas induk sperry ( 4 jawaban ).
b.    Bagaimana kita dapat mengoreksi masing-masing kesalahan ini ?


ANT-II
KOMPAS DAN SISTEM KEMUDI
WAKTU :  90 MENIT
1.   
15
 
Guna penentuan deviasi oleh baringan / azimut ž, dianjurkan agar dikerjakan sesaat sesudah ž terbit atau sesaat sebelum ž terbenam. Apakah alasannya ? (penjelasan dengan gambar).
15
 
 
2.    a.  Hal-hal apakah yang tercakup dalam bentuk rumus Poisson (tuliskan rumusan selengkapnya).
b.    Tuliskan bentuk akhir dari rumusan tersebut, untuk kapal yang duduk tegak dan besi lunak / simetris.

20
 
3.  a.  Gaya-gaya magnetik manakah yang dilambangkan oleh koefisien B ?
b.    Apakah B itu berubah menurut lintangnya? Mengapa demikian?
c.    Jawablah pertanyaan yang sama untuk koefisien D !

4.  a.  Apakah penimbalan kompas, kegiatan apakah akhirnya kita lakukan?
b.   
20
 
Kesalahan apakah yang dapat ditimbal  karenanya?
c.    Bagaimana kita dapat mencegah kesalahan itu ?

15
 
5.  a.  Apakah daftar deviasi yang telah dibuat di lokasi tertentu berlaku juga untuk tempat lain? Jelaskan secukupnya!
b.    Pengaruh apakah yang bekerja di sini? ( penjelasan dengan gambar )

15
 
6.  Gyroscope (bebas) di lintang 35° Utara dengan poros gasingnya duduk horisontal, menunjuk kearah U/S. Kearah mana ( titik X ) porosnya akan menunjuk setelah 12 jam kemudian? (penjelasan dengan lukisan bola langit).

ANT-II
KOMPAS DAN SISTEM KEMUDI
WAKTU :  90 MENIT

1.  a.  Sebutkan ketiga jenis magnetisme kapal, sehubungan dengan adanya ketiga jenis besi di kapal.
b.    Bagaimana sifat masing-masing magnetisme itu, dan apakah arti masing-masing itu ?

2.  a.  Jelaskan apa yang disebut simpangan kuadrantal
b.    Disini, kapan deviasi = nol dan kapal = maksimum ? lada haluan apa
c.    Sebutkan pula salah satu gaya magnetik kapal, yang bersifat demikian !

3.  a.  Bagaimana sifat deviasi pada kapal yang senget ?
b.    Jelaskan dengan gambar untuk ke 4 haluan ( surat induk ), beserta bentuk kurva deviasi yang terkait.

20
 
4.  a.  Tuliskan rumus deviasi total dari Airy dan Archiblad Smith.
b.    Apakah koefisien A itu ? Mengapa A tidak berubah menurut lintangnya ?
c.    Sebutkan sebab-sebab yang non magnetik dari A ( 2 jawaban ).

15
 
5.  a.  Dengan instrumen manakah kita dapat menimbal simpangan senget ?
b.    Dengan korektor mankan kita menimbal simpangan senget ?






15
 


15
 


20
 



15
 
 
6.  Jelaskan tentang tahapan status gyroscope ( bebas)  sehingga dapat menjadi alat untuk menentukan arah-arah di laut. ( mengingat perubahan bentuk edaran poros  gasing diangkasa)

ANT – II                           KOMPAS & SISTIM KEMUDI                    WAKTU : 90  MENIT         

1.  PEDOMAN MAGNET
     a.  Terangkan apa yang dimaksud dengan rumus berikut ini (Hukum Coloumb)  K  =  (m1 x m2) / R²
     b.  Bagaimanakah syarat-syarat piringan pedoman yang baik  ?
     c.  Bagaimanakah cara memeriksa kepekaan piringan pedoman magnet ?

2.  DASAR-DASAR MENIMBAL PEDOMAN
     a.  Apakah yang dimaksud dengan magnetisme transient itu ? bagaimana sifatnya dan pengaruhnya serta bagaimana cara penimbalannya ?
     b.  Dalam hal manakah “Full Compensation” harus dilakukan ?
     c.  Apakah yang dimaksud dengan “Gaussin Error” dan bagaimana cara menghilangkannya (menetralisir) ?

3.  PEDOMAN GASING
     a.  Pada  pedoman – pedoman  modern  umumnya  menggunakan  sistim pengendalian ‘Bottom heavy control’.  Apa kelebihan sistim ini dibanding dengan sistim ‘top-heavy-control’ ?
     b.  Kesalahan-kesalahan apa sajakah yang mungkin terjadi pada pedoman gasing ?
     c.  Bagaimana persyaratan tentang Gyro-Compass bagi kapal-kapal menurut SOLAS 1974 ?

4.  a.  Sistem apakah yang dipakai untuk merubah edaran lingkaran (dari poros gasing) menjadi edaran elips di angkasa?
     b.  Jawablah pertanyaan yang sama untuk merubah edaran elips menjadi edaran spiral!

5.  SISTIM KEMUDI KAPAL
     a.  Terangkan prosedur merobah pengemudian kapal dari ‘Manual’ ke ‘Auto Pilot !
     b.  Hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan berkaitan dengan penggunaan pedoman pada waktu kapal berlayar, yang mungkin dapat berpengaruh pada pengemudian kapal ?

(Bobot nilai tiap soal = 20)











ANT-II                         KOMPAS & SISTEM KEMUDI                        WAKTU : 90 MENIT

1.  a.  Faktor – faktor apakah yang mempengaruhi sifat – sifat GYRO SCOPE?
     b.  Bagaimana cara memanfaatkan GYRO SCOPE agar dapat dipergunakan sebagai pedoman (Gyro Compass)

2.  a.  Kesalahan–kesalahan apa saja yang mungkin terdapat pada Gyro Compass?
     b.  Jelaskan secara singkat masing–masing kesalahan tersebut (Penyebab dan cara mengatasinya).

3.  a.  Jelaskan tentang kedudukan dan letak magnet-magnet penimbal / korektor, serta jaraknya terhadap letak kompas! (Gambarkan secara teori)
     b.  Kapan timbulnya kesalahan Gaussin dan bagaimana kita dapat mencegahnya?

4.  a.  Tergantung dari apakah kekuatan medan dari Magnetisme Remanen itu?
     b.  Pada perubahan haluan yang mana ia menimbulkan penyimpangan (deviasi) maksimum? Kapan ia menimbulkan deviasi (+) dan kapan deviasi (-)?

5.  a.  Terangkan cara merubah dari Pengemudian tangan ke Auto!
     b.  Jelaskan mengapa pada cuaca buruk saat kapal berlayar, kemudi tidak boleh menggunakan sistem pengemudian otomatis.

(Bobot nilai tiap soal = 20)




















(20)
1.
a.
Apakah tujuan akhir dari penimbalan kompas magnet ?


b.
Apakah yang dimaksud dengan penimbalan kompas, secara teknis operasional ?
Hal apakah yang diupayakan disini ?


(20)

2.
a.
Jenis magnetisme kapal manakah yang tidak di timbal dan apakah alasannya ?


b.
Apakah konsekuensi kita dalam masalah ini ?


c.
Kapan timbulnya deviasi oleh pengaruh jenis magnetisme ini ? (penjelasan dengan gambar)




(20)
3.
a.
Apabila koef B dan C telah ditimbal / dihilangkan seluruhnya kita beralih pada penimbalan magnetisme yang transien ialah bagian – bagian besi lunak bagian manakah yang terkait di sini ?
Pada haluan – haluan manakah korektor ini diatur disetel kembali


b.
Pada lajimnya berapa jauhkah korektor – korektor magnet harus dipasang trhadap letak jarum kompas dan mengapa demikian ?




(20)
4.
a.
Apakah simpangan senget itu ?
Tuliskan bentuk perumusannya


b.
Gaya – gaya magnetic manakah yang timbul / bekerja disini ?


c.
Bagaimana sifat deviasinya pada kapal yang senget itu ?
(penjelasan dengan gambar : untuk kapal yang berhaluan pada 4 surat induk, beserta kurva deviasinya)




(20)
5.
a.
Ditinjau dari segi konstruksinya proses manakah yang ditempuh sebuah gyroscope, sehingga akhirnya dapat dipakai menjadi alat penunjuk arah / kompas gyro /sperry.
(ingatlah perubahan bentuk edaran ujung poros gasing diangkasa)


b.
Sebutkan berbgai kesalahan pada kompas gyro dan cara mengoreksinya masing – masing itu (4 jawaban)


















 

1.    a.  Apakah kegunaan  kompas di kapal.
b.   Sebutkan  jenis-jenis  kompas  yang dikenal  dan sebutkan  pula jenis-jenis  pedoman magnit  yang dikenal di kapal.
c.    Apakah yang dimaksud dengan  peka dan tenang  dan sebutkan  pula syarat-syarat  peka dan tenang  agar pedoman  magnit itu baik.
2.    a.  Sebutkan perbedaan  pedoman  magnit  basah dan kering, terutama  pada pirigan dan ketel pedomannya ( disertai gambar ).
b.   Sebutkan perbedaan prinsip  antara  pedoman magnit  dengan pedoman Gasing (enam jawaban)
3.    a. Gambarkan sketsa  pedoman  gasing  dan masternya  hingga  replaternya.
b.   Sebutkab bagian-bagian  pokok dari pedoman  gasing.
c.    Sebutkan bunyi hukum gasing  I dan II dari prinsip kerja pedoman gasing.
4.    a. Ada berapa macam kesalahan-kesalahan  pada pedoman gasing, sebutkan dan bagaimana  cara  memperbaikinya.
b.   Bagaimana cara memelihara  pedoman gasing  di kapal agar dapat dipakai  lebih lama.
5.    Sebutkan macam-macam  sistim kemudi  di kapal dan ceritakan  cara kerjanya masing-masing  sistim kemudi tersebut.

 

1.  a). Apakah yang dimaksud dengan salah satu kolimasi dan apa yang dimaksud dengan “KESALAHAN GARIS LAYAR”  pada pedoman magnet itu ?
     b). Terangkan cara memeriksa ketepatan “garis layar”  pada sebuah ketel pedoman
    
2.  a). Apakah maksud dan tujuan menimbal pedoman.
     b). Berdasarkan azaz manakah dilaksanakannya penimbalan pedoman itu ?

3.  a). Apakah yang dimaksud dengan “presesi sekunder”  pad Gyro Compass ?
     b). Jelaskan bagaimana pengaruh dari sistem pengendalian beban atas (Top Heavy Control) dibandingkan dengan sistem pengendalian beban bawa (Top Heavy Control) pada pedoman gasing (Penjelasan dengan Gambar.
    



=== Tkr ===

 
GYRO  COMPAS

1.  a). Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi sifat-sifata GYRO SCOPE ?
     b). Bagaimana cara memfaatkan Gyro Scope agar dapat dipergunakan sebagai pedoman (Gyro Compass)

2.    Kesalahan-kesalahan apa saja yang mungkin terdapat pada Gyro Compass ?  Jelaskan secara singkat masing-masing kesalahan tersebut (Penyebab dan cara mengatasinya).

PENIMBANGAN PEDOMAN (MAQNET).
3.  a.  Jelaskan apa tujuan dilakukannya penimbalan pedoman magnet dikapal-kapal
b. Apakah kerugian-kerugian yang didapat apabila deviasi pedoman terlalu besar

4.  Tuliskan rumus “POISION”  dalam penimbalan pedoman magnet dan jelaskan bagaimana rincian kerja rumus tersebut berkaitan dengan kepentingan penimbalan pedoman magnet dikapal.

PENGEMUDIAN KAPAL
5.  Jelaskan mengapa pada cuaca buruk saat kapal berlayar, kemudi tidak boleh menggunakan sistem pengemudian otomatis.










1.   
( 20 )
 
a.  Gambaran apakah yang diberikan dalam bentuk Rumus Poisson ?
        b.  Tuliskan bentuk akhir rumus Poisson, sehubungan dengan kepentingan penimbalan selanjutnya ?

2.   
( 20 )
 
a.  Memperhatikan bentuk Rumus Deviasi umum, komponen manakah yang memberikan deviasi yang berubah dan yang tidak berubah, menurut tempatnya dibumi / lintang magnetik  ?
b.   Menagapa Koef. Dev.  A dan E tidak ditimbal ?

3.   
( 20 )
 
Dalam rangka penentuan deviasi oleh baringan benda jauh, bagaimana kita dapat menentukan nilai arah magnetiknya, jika
a.    Posisi kapal telah diketahui
b.   Posisi kapal tidak diketahui


4.   
( 20 )
 
a. Tuliskan urutan pemasangan alat – alat penimbal / korektor – korektor dan dimana tepatnya letak masing – masing itu ( secara teori) ?.

         b.  Berapakah jaraknya terhadap letak jarum kompas, bagi korektor yang berupa besi magnet ?

5.    Dalam proses bekerjanya kompas gyro / sperry :
a.   
( 20 )
 
Pada tahap terakhir, ujung poros gasing akan berhenti menunjuk ke titik mana (diangkasa), dilintang utara ?
b.   Gaya – gaya apakah yang bekerja pada kedudukan titik itu (sebagai resultan) ?
        (Penjelasan dengan gambar)









GYRO COMPAS


1.    a.  Faktor – faktor apakah yang mempengaruhi sifat – sifat GYRO SCOPE?
b.    Bagaimana cara memanfaatkan GYRO SCOPE agar dapat dipergunakan sebagai pedoman (Gyro Compass)

2.    Kesalahan – kesalahan apa saja yang mungkin terdapat pada Gyro Compass?, jelaskan secara singkat masing – msing kesalahan tersebut (Penyebab dan cara mengatasinya).



PENIMBALAN PEDOMAN (MAGNET)


3.    a.  Jelaskan apa tujuan dilakukannya penimbalan pedoman magnet dikapal–kapal.
b.    Apakah kerugian – kerugian yang di dapat apabila deviasi pedoman terlalu besar.

4.    Tuliskan rumus “POISION” dalam penimbalan pedoman magnet dan jelaskan bagaimana rincian kerja rumus tersebut berkaitan dengan kepentingan penimbalan pedoman magnet dikapal.



PENGEMUDIAN KAPAL


5.    Jelaskan mengapa pada cuaca buruk saat kapal berlayar, kemudi tidak boleh menggunakan sistem pengemudian otomatis.




Mata Pelajaran    : Kompas & Sistim Kemudi                      Waktu : 90 Menit

-         Jawablah secara eksak dan relevan ;
-         Seperlunya dan secukupnya

6.   
( 15 )
 
a.  Perumusan manakah yang mencakup semua gaya magn. Kapal yang dapat menimbulkan salah kompas / deviasi ?

c.    Sebutkan gaya – gaya yang terpenting dari padanya, untuk kepentingan menimbal ?




1.   
( 15 )
 
a.  Apakah simpangan senget itu ?
c.    Gaya – gaya magn. manakah yang menyebabkan timbulnya diviasi disini ?
d.    Pada haluan manakah simpangan senget inia dalah maksimum ? (ingat bentuk sumusnya)

2.    Sebutkan semua alat penimbal (korektor) yang dipakai, menurut urutan pemasangannya. Pada haluan manakah masing – masing itu harus dipasang ? (Penjelasan dengan gambar)

3.    Bagaimana kita dapat menimbal koefisien C, secara tehnis operasional ?  (Penjelasan dengan gambar, tanpa pembuktian)             

4.    a. Pada kompas gyro/sperry, bagaimana memperoleh presesi dan presesi sekunder ?.

b.  Secara kontruksi, bagaimana sperry memperoleh system peredam / (berapa prosen nilai peredam itu) dan apakah artinya

5.   
( 20 )
 
a.  Apakah fungsi dari semi Automatic Corre pada kompas gyro
d.    Kapan kesalahn balistik itu bernilai maksimum dan kapan = nol ?
e.    Jawablah pertanyaan yang sama, untuk kesalahan ayunan


























ANT – II        KOMPAS DAN SISTIM KEMUDI                 WAKTU : 90 MENIT





(15)
1.
a.
Apakah kerugian jika kompas magnet itu tidak ditimbal


b.
Meskipun kompas itu sudah ditimbal dengan baik, tetapi tidak pernah membebaskan kita dari pemeriksaan deviasi secara teratur, selama dalam pelayaran. Apakah alasannya ?]
Pengaruh apakah yang timbul disini (penjelsan dengan gamabr / contoh)


(20)

2.
Sebutkan semua alat penimbal / korektor yang dipakai, menurut urutan pemasangannya dirumah kompas
-         pada haluan – haluan manakah ini ditaruhkan / digeserkan ?
(penjelasan dengan gambar dalam, swinging”)



(15)
3.
a.
Sebutkan ketiga batang induksi / besi lunak, yang terpenting dan dapat menimbulkan deviasi


b.
Pilihlah salah satu batang induksi dan periksalah sifat deviasinya, menurut satu kali putaran kapal (untuk 8 mata angin ) beserta kurva deviasinya




(15)
4.
a.
Kapan timbul retentive error (R.E) dan kapan GN  Ganssin Error        ( G.E) ?


b.
Sebutkan persamaan dari R.E dan G.E ;


c.
Bagaimana kita dapat mencegah timbulnya G.E ?




(20)
5.
Proses manakah yang harus ditempuh oleh sebuah gyroscope, sehingga akhirnya dapat dipakai sebagai alat penunjuk arah (kompas gyro) ?
(Tinjaulah menurut bentuk garis edar dari ujung poros gasing di angkasa)




(15)
6.
a.
Apakah fungsi dari semi automatic corrector ?


b.
Bagaimana kita dapat mengoreksi kesalahan balistik ?
























1.    a.  Faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi sifat “Peka” pada piringan pedoman?
     b.  Bagaimanakah syarat-syarat ketel pedoman yang baik itu?

2.    a.  Jenis  magnetisme  kapal manakah yang tidak dapat ditimbal? Apakah alasannya?
     b.  Kapan timbulnya deviasi oleh pengaruh magnetisme ini? (Penjelasan dengan gambar)
     c.  Apakah konsekuensi / kesimpulan kita dalam hal ini?

3.    Apakah yang dimaksud dengan istilah-istilah :
     a.  Inertia
     b.  Precession
     c.  Tilting
     d.  Drifting

4.    Ditinjau dari konstruksinya, proses manakah yang ditempuh  sebuah gyroscope, sehingga akhirnya dapat dipakai menjadi kompas / Gyro? (Ingatlah : perubahan bentuk edaran ujung poros gasing di angkasa)

5.    a.  Jelaskan secara singkat prinsip / teori yang dikembangkan dalam sistim kemudi kapal secara otomatis (Auto Pilot) !
b.   Mengapa pada laut yang berombak tidak diperkenankan menggunakan kemudi otomatis?

1.    a.  Tuliskan rumus Deviasi Total dari Airy dan Archibald Smith!
         Bagaimana sifat Deviasi dari masing-masing bagian rumusan tersebut?
     b.  Sebutkan berbagai sebab yang non-magnetik dari koefisien A!

2.    a.  Apakah simpangan senget itu? Tuliskan rumusnya!
     b.  Apakah koefisien senget itu? Tuliskan rumusnya!
         Gaya-gaya magnetic manakah yang bekerja disini?
     c.  Bagaimana sifat Deviasi yang ditimbulkannya?

3.    Meskipun kompas magnet sudah ditimbal dengan baik, namun nilai deviasi harus selalu diperiksa kembali selama kita berlayar. Apakah alasannya?
         ( Jelaskan secukupnya dan gambarkan ) !


4.    Bagaimana kita menimbal koefisien C? Secara teknis operasional?
         ( Jelaskan secukupnya dengan gambar ) !

5.    a.  Sistem apakah yang dipakai untuk merubah edaran lingkaran (dari poros gasing) menjadi edaran elips di angkasa?
     b.  Jawablah pertanyaan yang sama untuk merubah edaran elips menjadi edaran spiral!

6.    a.  Jelaskan secara singkat prinsip / teori yang dikembangkan dalam sistem kemudi kapal secara otomatis (Auto-Pilot)!
b.   Mengapa pada laut yang berombak tidak diperkenankan menggunakan kemudi otomatis?

1.    Urutkan semua gaya magnetisme kapal (yang terpenting) yang dapat menimbulkan deviasi. Tunjukkan letak masing-masing ini terhadap letak kompas. (gambarkan)

2.    a.  Sebutkan semua alat penimbal / korektor, menurut urutan pemasangannya di geladak;
     b.  Pada haluan mana masing-masing ini harus dipasang atau digeser? (gambarkan)

3.    a.  Magnetisme (kapal) manakah yang tidak ditimbal, dan mengapa?
     b.  Kapan pengaruh ini timbul dan memberikan deviasi yang terkait?
         Jelaskan secukupnya (gambarkan)

4.    a.  Bagaimana kita dapat menentukan nilai koefisien Deviasi, jika sudah diketahui besarnya deviasi untuk kedelapan mata angin?
     b.  Bagaimana sifat deviasi yang ditimbulkan oleh koefisien A, dan apakah artinya ini?

5.    a.  Pada haluan mana (Kompas Gyro)
·   Kesalahan balistik = nol?
·   Kesalahan balistik = maksimum?
     b.  Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang sama untuk :
·        Kesalahan ayunan.

6.    a.  Pada tahap terakhir, dititik mana ujung poros gasing itu berhenti (di lintang utara)?
c.    Gaya-gaya manakah yang bekerja disini? (gambarkan)


7.    a.  Dalam potongan / bagian manakah batang Flinders itu disediakan? (Gambarkan)
     b.  Berapa ketinggian dari ujung atasnya terhadap letak sistem jarum kompas?
     c.  Untuk kapal manakah batang Flinders tidak perlu  dipasang!?

1.    a.  Koefisien Deviasi manakah yang tidak ditimbal dan mengapa demikian?
     b.  Sebutkan berbagai sebab yang non – magnetis dari koefisien Dev. A!

2.    Bagaimana kita menimbal koefisien C, secara teknis operasional? (Tanpa pembuktian)
     Penjelasan dengan gambar yang terkait!

3.    a.  Apakah kerugian dari pemakaian nilai deviasi yang terlampau besar?
b.     Pemeriksaan terhadap apakah yang kita lakukan, sebelum mulai menimbal kompas?
c.      Mengapa  pengaruh magnetisme Remanen tidak dapat ditimbal? Dan apakah kewajiban kita / konsekuensinya dalam masalah ini?
d.     Pada haluan mana timbulnya magnetisme Remanen paling kuat? Dan mengapa demikian?

4.    Bagaimana  sebuah Free Gyroscope dapat dijadikan instrumen untuk  menentukan arah-arah di laut? (Ingat proses perubahan  bentuk edaran poros gasing dan sistem yang diterapkan)

5.    Pada haluan-haluan mana ;
     -    Kesalahan balistik  = nol?
     -    Kesalahan ayunan = maks?
     ( Penjelasan dengan gambar sederhana )

6.    a.  Apakah kegunaan  kompas di kapal.
b.   Sebutkan  jenis-jenis  kompas  yang dikenal  dan sebutkan  pula jenis-jenis  pedoman magnit  yang dikenal di kapal.
c.    Apakah yang dimaksud dengan  peka dan tenang  dan sebutkan  pula syarat-syarat  peka dan tenang  agar pedoman  magnit itu baik.

1.    a.  Sebutkan perbedaan  pedoman  magnit  basah dan kering, terutama  pada pirigan dan ketel pedomannya ( disertai gambar ).
b.  Sebutkan perbedaan prinsip  antara  pedoman magnit  dengan pedoman Gasing (enam jawaban)

2.    a. Gambarkan sketsa  pedoman  gasing  dan masternya  hingga  replaternya.
b.     Sebutkab bagian-bagian  pokok dari pedoman  gasing.
c.      Sebutkan bunyi hukum gasing  I dan II dari prinsip kerja pedoman gasing.

3.    a. Ada berapa macam kesalahan-kesalahan  pada pedoman gasing, sebutkan dan bagaimana  cara  memperbaikinya.
b.     Bagaimana cara memelihara  pedoman gasing  di kapal agar dapat dipakai  lebih lama.
4.    Sebutkan macam-macam  sistim kemudi  di kapal dan ceritakan  cara kerjanya masing-masing  sistim kemudi tersebut.
5.    a.  Apakah yang dimaksud dengan salah satu kolimasi dan apa yang dimaksud dengan “KESALAHAN GARIS LAYAR pada pedoman magnet itu ?
     b. Terangkan cara memeriksa ketepatan “garis layar pada sebuah ketel pedoman
     a. Apakah maksud dan tujuan menimbal pedoman.
b. Berdasarkan azaz manakah dilaksanakannya penimbalan pedoman itu ?

6.    a.  Apakah yang dimaksud dengan presesi sekunder pada Gyro Compass ?
b.    Jelaskan bagaimana pengaruh dari sistem pengendalian beban atas (Top Heavy Control) dibandingkan dengan sistem pengendalian beban bawah (Bottom Heavy Control) pada pedoman gasing (Penjelasan dengan Gambar).



I.     a.  Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi sifat-sifat GYRO SCOPE ?
     b.  Bagaimana cara memfaatkan Gyro Scope agar dapat dipergunakan sebagai pedoman (Gyro Compass)

II.   Kesalahan-kesalahan apa saja yang mungkin terdapat pada Gyro Compass ?  Jelaskan secara singkat masing-masing kesalahan tersebut (Penyebab dan cara mengatasinya).

III  a.      Jelaskan apa tujuan dilakukannya penimbalan pedoman magnet dikapal-kapal
b    Apakah kerugian-kerugian yang didapat apabila deviasi pedoman terlalu besar
c  Tuliskan rumus “POISION”  dalam penimbalan pedoman magnet dan jelaskan bagaimana rincian kerja rumus tersebut berkaitan dengan kepentingan penimbalan pedoman magnet dikapal.

1.    Jelaskan mengapa pada cuaca buruk saat kapal berlayar, kemudi tidak boleh menggunakan sistem pengemudian otomatis.  

2.    a.  Mengapa penunjukkan jarum kompas magnet menjadi tidak sejati ?
     b.  Jelaskan cara-cara untuk mengetahui kesalahan kompas magnet ?

3.    a.  Apakah pengaruh dari gelembung udara yang terdapat pada kompas magnet basa     terhadap penunjukannya ?
b.   Apakah yang dimaksud dengan kompas Adjuster ?

4.    Sebutkan istilah-istilah yang berlaku pada kompas gyro ?

5.    Pengaruh apa saja yang dapat merusakan / menyebabkan kompas gyro rusak, Sebutkan
          Dan tindakan apa yang dapat anda lakukan ?

    1. Diantara system kemudi listrik dan system kemudi hydrolic yang mana yang lebih mudah perawatannya dan lebih baik pengoperasiannya ?

    2. Sebutkan semua gaya magnetisme kapal (yang terpenting) yang dapat menimbulkan deviasi. Tunjukkan letak masing-masing ini terhadap letak kompas. (gambarkan)

    3. Sebutkan semua alat penimbal / korektor, menurut urutan pemasangannya di geladak;
          ada haluan mana masing-masing ini harus dipasang atau digeser ? (gambarkan)

    4. a. Magnetisme (kapal) manakah yang tidak ditimbal, dan mengapa?
     b.  Kapan pengaruh ini timbul dan memberikan deviasi yang terkait?
         Jelaskan secukupnya (gambarkan)

    5. a. Bagaimana kita dapat menentukan nilai koefisien Deviasi, jika sudah diketahui besarnya deviasi untuk kedelapan mata angin?
     b.  Bagaimana sifat deviasi yang ditimbulkan oleh koefisien A, dan apakah artinya ini?

    6. a. Pada haluan mana (Kompas Gyro)
·        Kesalahan balistik = nol?
·        Kesalahan balistik = maksimum?
b. Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang sama untuk :
         Kesalahan ayunan.

    7. a. Pada tahap terakhir, dititik mana ujung poros gasing itu berhenti (dilintang utara)?
     b.  Gaya-gaya manakah yang bekerja disini? (gambarkan)




1.  PEDOMAN MAGNET
a.  Terangkan apa yang dimaksud dengan rumus berikut ini (Hukum Coloumb)  K  =  (m1 x m2) / R²
b. Bagaimanakah syarat-syarat piringan pedoman yang baik  ?
c.  Bagaimanakah cara memeriksa kepekaan piringan pedoman magnet ?

2.  DASAR-DASAR MENIMBAL PEDOMAN
a.  Apakah yang dimaksud dengan magnetisme transient itu ? bagaimana sifatnya dan pengaruhnya serta bagaimana cara penimbalannya ?
b. Dalam hal manakah “Full Compensation” harus dilakukan ?
c.  Apakah yang dimaksud dengan “Gaussin Error” dan bagaimana cara menghilangkannya (menetralisir) ?

3.  PEDOMAN GASING
     a.  Pada  pedoman – pedoman  modern  umumnya  menggunakan  sistim pengendalian ‘Bottom heavy control’.  Apa kelebihan sistim ini dibanding dengan sistim ‘top-heavy-control’ ?
     b.  Kesalahan-kesalahan apa sajakah yang mungkin terjadi pada pedoman gasing ?
c. Bagaimana persyaratan tentang Gyro-Compass bagi kapal-kapal menurut SOLAS 1974 ?

4.  SISTIM KEMUDI KAPAL
a.  Terangkan prosedur merobah pengemudian kapal dari ‘Manual’ ke ‘Auto Pilot !
b. Hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan berkaitan dengan penggunaan pedoman pada waktu kapal berlayar, yang mungkin dapat berpengaruh pada pengemudian kapal ?



          


( 15 )
 
1.  Sebutkan semua gaya magnetisme kapal ( yang terpenting ) yang dapat menimbulkan  deviasi. Tunjukan letak masing-masing ini terhadap letak kompas. ( gambarkan )

( 20 )
 
2.  Sebutkan semua alat penimbal / korektor, menurut urutan pemasangannya di geladak ;
     Pada  haluan  mana  masing-masing  ini  harus  dipasang  atau digeser ? ( gambarkan )

( 20 )
 
3.  a.  Magnetisme ( kapal ) manakah yang tidak ditimbal, dan mengapa ?
b.   Kapan pengaruh ini timbul dan memberikan deviasi yang terkait ? Jelaskan secukupnya ( gambarkan  )

( 15 )
 
4.  a.  Bagaimana kita dapat menentukan nilai koefisien Deviasi, jika sudah diketahui besarnya deviasi untuk ke-8 mata angina ?
     b.  Bagaimana sifat deviasi yang ditimbulkan oleh koefisien A, dan apakah artinya ini ?

5.  a.  Pada haluan mana ( Kompas Gyro ) :
·     
( 15 )
 
Kesalahan balistik = nol ?
·      Kesalahan balistik = maksimum ?
b.   Jawablah pertanyan-pertanyaan yang sama untuk :
     Kesalahan ayunan.

( 15 )
 
6.  a.  Pada tahap teakhir, dititik mana ujung poros gasing itu berhenti ( di lintang utara ) ?
     b.  Gaya-gaya manakah yang bekerja disini ? ( gambarkan )




















( 15 )
 
1.  a.  Tuliskan rumus Deviasi Total dari Airy dan Archibald Smith ;
         Bagaimana sifat Deviasi dari masing-masing bagian rumusan tersebut ?
     b.  Sebutkan berbagai sebab yang non-magnetik dari koefisien A.

( 15 )
 
2.  a.  Apakah simpangan senget itu ? Tuliskan rumusnya ?
     b.  Apakah koefisien senget itu ? Tuliskan rumusnya ? ;
         Gaya-gaya magnetic manakah yang bekerja disini ?
     c.  Bagaimana sifat Deviasi yang ditimbulkannya ?

( 20 )
 
3.  Meskipun kkompas magnet sudah ditimbal dengan baik, namun niali deviasi harus selalu diperiksa kembali selama kita berlayar. Apakah alasannya ?
( Jelaskan secukupnya gambarkan  )

( 20
 
4.  Bagaimana kita menimbal koefisien C ? Secara teknis operasional ?
     ( Jelaskan secukupnya dengan gambar )

5.  Pada kompas Gyro / Sperry :
( 15 )
 
     a.  Sistem apakah yang dipakai untuk merubah edaran lingkaran ( dari poros gasing ) menjadi edaran elips di angkasa ?
b.   Jawablah pertanyan yang sama untuk merubah edaran elips menjadi edaran spiral
    
( 15 )
 
6.  a.  Sebutkan berbagai kesalahan yang melekat pada kompas Gyro / Sperry.
     b.  Bagaimana kita mengoreksi masing-masing itu ?
    


    



1.       Pada waktu kapal di pelabuhan, tiba-tiba generator listrik padam (Black Out) lalu hidup lagi.
a.  Jelaskan apa yang anda lakukan terhadap pedoman Gasing Sperry di kapal!
b.  Berapa lama diperlukan sampai arah pedoman diam/tenang kembali? Jelaskan dengan gambar!

2.       Pengaruh apa yang dapat terjadi pada pedoman magnit di kapal, jika :
a.  Kapal memuat besi-besi pipa / rel besi diatas geladak melintang / membujur kapal.
b.  Peta untuk daerah tersebut tertera “Abnormal variation may be occure in this area”.

3.       a.  Jelaskan prinsip kerja salah satu sistem kemudi darurat di kapal!
b.  Sebutkan persyaratan-persyaratan suatu penataan kemudi darurat!

4.       Pada buku harian kapal tertulis haluan pedoman kemudi kapal, haluan pedoman sejati lengkap dengan nilai variasi dan deviasi.
a.  Jelaskan maksudnya / gunanya data tersebut!
b.  Dimana anda dapatkan, nilai deviasi pedoman magnet di kapal? Jelaskan!

5.  a.  Persiapan-persiapan apakah yang perlu dilakukan pada waktu kapal akan Menimbal Pedoman!
b.  Jelaskan bagaimana proses menimbal pedoman di kapal!


(Bobot nilai tiap soal = 20)


1.  Pada sebuah peta anda dapatkan data “Abnormal variation may be occured in this area”.
     a.  Jelaskan maksudnya!
     b.  Terangkan mengapa demikian?

2.  a.  Sebutkan ketiga unsur magnetisme bumi! Dimanakah kita dapat mencari nilainya masing-masing?
     b.  Disebut apa garis-garis lengkung yang terlukis didalamnya? (untuk masing-masing unsur).

3.  a.  Dengan alat mana kita menimbal simpangan senget?
     b.  Apakah penimbalan ini benar untuk semua lintang? Mengapa demikian? Dari hal mana kita dapat mengetahuinya, selama berlayar?
     c.  Apakah yang harus kita kerjakan dengan korektor magnet vertical itu?

4.  a.  Setelah sistem peredam (dumping system) itu bekerja, keempat faktor (gaya) manakah yang menentukan edaran ujung utara poros gasing di angkasa?
     b.  Sebutkan penyebab dari masing-masing gerakan gaya tersebut!

5.  Pada kapal yang menyangkut muatan besi-besi pipa (steel constructions) diatas deck sering terjadi deviasi pedoman magnet yang tidak sesuai dengan daftar deviasi.
     Jelaskan mengapa demikian?

(Bobot nilai tiap soal = 20)



1.    a.  Dalam jenis-jenis manakah kita dapat membagi magnetisme kapal, yang dibangkitkan oleh magnetisme bumi  ?
     b.  Sebutkan nama dan sifatnya masing-masing itu.

2.    a.  Dalam ketiga komponen manakah gaya magnetisme kapal yang permanen itu dapat diuraikan ?
b.  Gambarkan ketiga gaya tersebut terhadap letak jarum kompas (yang bernilai plus (+)).

3.    a.  Sebutkan batang-batang induksi/besi lunak yang terpenting, yang dapat menimbulkan salah pedoman (deviasi). Penjelasan dengan gambar.
     b.  Bagaimana sifat effisiennya masing-masing ini  ?

4.    Meskipun Kompas itu sudah ditimbal, tetapi selama dalam pelayaran, deviasi harus selalu diperiksa kembali terutama setelah kapal mengalami perubahan haluan. Apakah alasannya  ? ( Penjelasan dengan gambar dan uraikan secukupnya ).

5.    a.  Apakah prinsip/azas dasar bekernya kompas gyro  ?
b.  Sebutkan berbagai kesalahan yang dapat timbul pada sistem kompas gyro / Sperry ( 4 jawaban ) dan bagaimana cara memperbaikinya  ?

    BOBOT NILAI tiap nomor/soal = 20 poin





1.    a.  Apakah salah kompas (deviasi) itu, dan bagaimana kita dapat menentukan nilainya ?  (Tuliskan perumusan yang terkait).
      b.  Tergantung dari apakah nilai salah kompas itu ?
     c.  Dalam hal manakah salah kompas itu dapat mengalami perubahan yang cukup besar ?

2.    a.  Pada lazimnya haluan pembangunan manakah yang paling baik ? dan mengapa demikian ? (Penjelasan dengan gambar secukupnya).
     b.  Seusai kapal dibangun digalangan, serta diluncurkan ke laut dan menyelesaikan bangunan atas, kapal diharapkan kehaluan yang sebaliknya. Apakah alasannya  ?


3.       Jelaskan tentang sifat deviasi yang disebabkan oleh batang induksi (-) a terhadap jarum kompas, pada haluan/arah 8 mata angin. (Gambarkan).
-   Lukiskan pula kurva deviasi yang  terkait.
-   Pada haluan-haluan manakah deviasi = nol dan deviasi = maksimum ?

4.      a.   Pada kompas gyro dikenal istilah-istilah sebagai berikut :
-   Tilting dan Drift.
-   Presesi dan Presesi Sekunder.
Apakah arti masing-masing itu ?
     b.  Oleh pengaruh semua gaya ini, akhirnya ke arah manakah ujung poros  gasing akan menunjuk, jika “Gyroscope” dipasang dilintang utara ? (Penjelasan dengan gambar).

5.       a.  Apakah fungsi dari “Semi – Automatic Corrector ?
     b.   Pada haluan manakah kesalahan balistik = nol, dan pada haluan mana ia = maksimum ? (Penjelasan dengan gambar).


  BOBOT NILAI tiap nomor/soal = 20 poin.











1.  a). Apakah yang dimaksud dengan salah satu kolimasi dan apa yang dimaksud dengan “KESALAHAN GARIS LAYAR”  pada pedoman magnet itu ?
     b). Terangkan cara memeriksa ketepatan “garis layar”  pada sebuah ketel pedoman
    
2.  a). Apakah maksud dan tujuan menimbal pedoman.
     b). Berdasarkan azaz manakah dilaksanakannya penimbalan pedoman itu ?

3.  a). Apakah yang dimaksud dengan “presesi sekunder”  pad Gyro Compass ?
     b). Jelaskan bagaimana pengaruh dari sistem pengendalian beban atas (Top Heavy Control) dibandingkan dengan sistem pengendalian beban bawa (Top Heavy Control) pada pedoman gasing (Penjelasan dengan Gambar.
    
























GYRO  COMPAS

1.  a). Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi sifat-sifata GYRO SCOPE ?
     b). Bagaimana cara memfaatkan Gyro Scope agar dapat dipergunakan sebagai pedoman (Gyro Compass)

2.      Kesalahan-kesalahan apa saja yang mungkin terdapat pada Gyro Compass ?  Jelaskan secara singkat masing-masing kesalahan tersebut (Penyebab dan cara mengatasinya).


PENIMBANGAN PEDOMAN (MAQNET).

3.  a.  Jelaskan apa tujuan dilakukannya penimbalan pedoman magnet dikapal-kapal
c.  Apakah kerugian-kerugian yang didapat apabila deviasi pedoman terlalu besar

4.  Tuliskan rumus “POISION”  dalam penimbalan pedoman magnet dan jelaskan bagaimana rincian kerja rumus tersebut berkaitan dengan kepentingan penimbalan pedoman magnet dikapal.

PENGEMUDIAN KAPAL

5.  Jelaskan mengapa pada cuaca buruk saat kapal berlayar, kemudi tidak boleh menggunakan sistem pengemudian otomatis.



Comments

  1. Casinos with Slots at BetMGM - JTHub
    The 수원 출장샵 best Slots 김천 출장샵 casinos and slot machines with slots. We 성남 출장마사지 have hundreds 광주 출장안마 of slot machines that are available for you to play 계룡 출장마사지 today!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENJELASAN PLIMSOLL MARK (ILMU PELAYARAN)

History of plimsoll mark M erkah kambangan menurut catatan sejarah bermula dari abad pertengahan, negara Italia telah mempunyai undang-undang untuk pemuatan diatas kapal, dimana setelah dilakukan pemeriksaan dan perhitungan, maka lambung kapal diberi tanda.  Asal mula dari lingkaran sebagai tanda merkah kambangan yang dipergunakan sampai sekarang ini ialah dari Sardinia, dimana sarat maksimum dari kapal pada waktu itu ditandai dengan sebuah titik yang merupakan sebuah pusat dari lingkaran . Sedangkan orang – orang Venesia menandainya dengan gambar Salib, dan orang Genoa dengan tiga baris yang membujur terbuat dari besi. Merkah Kambangan atau merkah benaman adalah sebuah tanda untuk membatasi  jumlah berat yang boleh diangkut oleh sebuah kapal dengan aman. Pada tahun 1867 seorang anggota Parlemen Inggris bernama Sir Samuel Plimsoll mempunyai gagasan agar semua kapal yang berbendera Inggris untuk memasang merkah kambangan.  ...

KOMPAS DAN KEMUDI

KOMPAS dan KEMUDI 1.a.Tuliskan ketiga intesitas magnetisme bumi & jelaskan hubungannya satu sama lain dlm bentuk perumusan yg terkait ( penjelasan dg gambar ). -           Intensitas total (T) = kekuatan medan magnet isme bumi pd satuan kutub. -           Intensitas total (T) diuraikan dalam horizontal (H) dan intensitas vertical (V). Hubungan antara ketiga pokok ini dan inklinasi dinyatakan oleh rumus2 berukut : H = T.cos i    ;       tg i = V/H   ;    T = H.sec i V = T. sin i    ;   cotg i = H/V   ;    T = V. cosec i Gambar :      b.Tuliskan ketiga unsur magnetisme bumi & dimana kita dpt mencari nilainya masing2 itu ? 1.         Variasi   : sudut yg dibentuk oleh derajah megnetisme dan derajah astronomi. ...